Soal dan jawaban pengantar teknologi informatika


pengantar teknologi informatika


Soal dan jawaban                                                         

1. Apa pengertian TI dan sebutkan peranannya dalam kehidupan sehari – hari?

Jawab: TI merupakan kepanjangan dari Teknologi Informasi. Peranan TI dalam kehidupan sehari – hari sangaat banyak sekali, sebagai contoh internet, dengan internet kita dapat berkomunikasi, mendapatkan serta menyampaikan berita secara cepat dan hemat waktu juga biaya.

  • Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.
  •   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara ektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
  •   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
  •   Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.
Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
  •   Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan.
System berbasis kartu cerdas (Smart Card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang data ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

2. Apa yang dimaksud dengan Computers network dan sebutkan tujuannya?

Jawab : Computer Network ( Jaringan Komputer ) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data.

Tujuannya adalah :

a. untuk mempermudah berkomunikasi

b. mempermudah mengakses informasi

c. hemat waktu

d. mempermudah mengirim data

e. mempermudah memberi informasi


3. Apa tujuan utama SIA ( Sistem Informasi Akuntansi ) ?

Jawab :

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi


Menurut Mulyadi (2001, pp19-20), sistem informasi memiliki empat tujuan umum dalam penyusunannya, yaitu :

  •  Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru. ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian maupun struktur informasinya.

  •  Untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah.

  •  Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern, yaitu untuk memperbaiki tingkat keandalan (realibility) informasi akuntansi dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggung jawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan.
  • Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi 
Menurut Hall (2001, p18), mengatakan pada dasarnya tujuan disusunnya sistem informasi akuntasi adalah :
  •   Untuk mendukung fungsi kepengurusan (stewardship) manajemen. Kepengurusan merujuk ke tanggung jawab manajemen untuk mengatur sumber daya perusahaan secara benar. Sistem informasi menyediakan informasi tentang kegunaan sumber daya ke pemakai eksternal melalui laporan keuangan tradisional dan laporan-laporan yang diminta lainnya. Secara internal, pihak manajemen menerima informasi kepengurusan dari berbagai laporan pertanggungjawaban.

  •   Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen. Sistem informasi memberikan para manajer informasi yang mereka perlukan untuk melakukan tanggung jawab pengambilan keputusan.

  •   Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan hari demi hari. Sistem informasi menyediakan informasi bagi personel operasi untuk membantu mereka melakukan tugas mereka setiap hari dengan efisien dan efektif. adalah untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan dalam meningkatkan efesiensi dan efektifitas kegiatan operasional perusahaan, khususnya dalam proses arus informasi akuntansi.

4. Menurut anda apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan atau strategi untuk memenangkan kompetensi di era globalisasi ini ?

Jawab :

a. CEO perusahaan harus pandai – pandai memagemet perusahaannya.

b. CEO harus bisa memahami apa yang diperlukan atau yang dibutuhkan masyarakat umum.

c. Harus bisa memasang harga barang yang terjangkau atau kalau bisa lebih murah dibanding perusahaan lainnya.

d. Jika perusahaannya mulai mengalami penurunan, maka CEO harus berani banting setir untuk melanjutkan usahanya atau bisa ditambahi membuat produksi lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

5. Jelaskan tugas OS didalam sebuah komputer dan OS secara umum dibagi menjadi berapa bagian, sebutkan ?

Jawab : 

Sistem operasi bisa dikatakan merupakan program yang menghubungkan semua komponen sistem komputer tersebut. Sistem operasi dapat diibaratkan sebuah jembatan yang menghubungkan antara brainware, software aplikasi dan hardware yang beraneka ragam bermacam-macam jenis dan mereknya agar dapat saling berkomunikasi. Dapat dikatakan sistem operasi berfungsi sebagai manajemen aplikasi.

OS dibagi menjadi 2 versi:

  •   Versi 32 bit, Versi 32-bit hanya mampu menerima RAM maksimal 4 GB

  •   Versi 64 bit, sistem operasi 64-bit mampu menggunakan lebih dari 128 GB RAM. Manajemen memori dari sistem 64-bit juga lebih baik, sehingga mampu menjalankan proses pada aplikasi lebih cepat.

6. Karakteristik sistem informasi fungsional dan pengertian sistem informasi berbasis kompuer ?
Jawab :
Sistem Informasi Fungsional adalah Sistem Informasi yang memberikan informasi kepada kelompok / orang pada bagian tertentu dalam sebuah perusahaan
Ada beberapa jenis Sistem Informasi Fungsional yaitu :

1. Sistem Informasi Akuntasi
menyediakan informasi yang merekam dan melaporkan transaksi dalam perusahaan

2. Sistem Informasi Keuangan
 mencakup semua transaksi keuangan dan kontrol terhadap sumber daya keuangan

3. Sistem Informasi Manufaktur
mendukung perencanaan,kontrol dan pemecahan masalah yang memliki hubungan dengan barang / jasa yang dihasilkan

4. Sistem Informasi Pemasaran
menyelesaikan aktifitas pemasaran

5. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
aktivitas manajemen personalia

7. sistem informasi berbasis komputer atau computer based information system ( CBIS ) ?


Jawab :

Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan. Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

8. Apa yang anda ketahui tentang komponen hardware

Jawab:

Komponen hardware adalah komponen komputer yang dapat dipegang oleh tangan, contohnya : kesing, mouse, keyboard, DVD room, monitor, dll

9. Perangkat keras dan perangkat lunak, jelaskan!

Jawab:

  • perangkat lunak adalah sebuah perangkat komputer yang dapat dilihat tetapi tidak dapat dipegang oleh tangan, contohnya : aplikasi microdoft, winamp, dll

  •   perangkat keras komputer adalah perangkat komputer yang dapat dilihat dan dapat dipegang oleh tangan, comtahnya : kesing, mouse, keyboard


10. Apa pengertian data?

Jawab : 

Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.

Contohnya :

  •   Kecelakaan di jalan raya

  •   Barcelona menang

11. Apa pengertian informasi ?

Jawab : 

Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

Contoh :

  •   Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas Timur tadi malam pukul 23:00, korban jiwa sebanyak delapan orang, enam orang diantaranya luka ringan dan dua lainnya luka berat.

  •   Pertandingan sepakbola Liga Spanyol antara Club FC Barcelona dengan Real Madrid pukul 02:00 dinihari tadi berakhir dengan skor 2 : 0 untuk kemenangan FC Barcelona.


close