proposal seminar






 Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer
HIMSYA SMARANG
Jl. Raya Karanganyar Tugu Km. 12 No. 58 Semarang, Telp/Fax. (024) 8665420
Website : http:/www.himsya.ac.id, Email : Info@himsya.ac.id





WORKSHOP PENDIDIKAN
“BELAJAR MEMBUAT GAME EDUKSI UNTUK ANDROID”
I.                   LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan semakin hari mengalami peningkatan yang cukup tinggi, terutama dalam bidang teknologi dan informasi. Ini dapat dilihat dari pola hidup masyarakat itu sendiri. Salah satu contoh bentuk nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan ponsel pintar berbasis android sebagai penunjang kebutuhan hidup manusia. Melalui aplikasi-aplikasi yang ada dalam ponsel android tersebut manusia dapat melakukan semua kebutuhannya hanya dalam satu genggaman. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orangtua biasa menggunakan fitur-fitur tersebut salah satunya untuk proses transaksi Ecommerce, aplikasi angkutan online, bahkan yang sekarang sedang digandrungi anak muda adalah permainan game online yang semakin hari semakin mengalami peningkatan.
Sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di wilayah semarang, STMIK HIMSYA SEMARANG yang mempunyai visi “Menjadi salah satu pusat pendidikan tinggi dalam memanfaatkan teknologi informasi yang maksimal dan mempunyai keunggulan dalam bersaing”  Merasa tergerak untuk memberikan pengenalan tentang teknologi informasi kepada anak-anak muda hususnya para pelajar ditingkat SLTP maupun SLTA/SMK untuk belajar mengenal tenologi minformasi  melalui Workshop pendidikan yang bertemakan “Belajar Membuat Game Edukasi untuk Android” . melalui seminar ini diharapkan para siswa dapat mengenal lebih dalam tentang android dan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik salah satunya dengan membuat game melalui android.
Melalui kegiatan seminar ini diharapkan para pelajar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dengan bijak dan benar. Selain itu diharapkan para pelajar mampu membuat aplikasi game edukasi berbasis android sendiri menggunakan kreatifitas dan imajinasi mereka sendiri, sehingga mampu menyalurkan bakat dan minat generasi muda dalam bidang pendidikan hususnya dalam bidang teknologi .

II.                TUJUAN KEGIATAN
Tujuan penyelenggaraan seminar ini antara lain :
v  Memberikan pelatihan tentang Game dan Android  kepada peserta seminar hususnya para siswa SMP dan SMK dengan harapan mereka dapat mengimplementasikanya dikehidupan sehari-hari.
v  Kegiatan ini merupakan wujud kegiatan akademik mahasiswa semester VI STMIK Himsya Semarang  sebagai salah satu bentuk wujud perhatian terhadap perkembangan teknologi  terutama dikalangan para pelajar
v  Meningkatkan minat belajar siswa didunia teknologi hususnya dibidang teknologi informasi  agar skill dan kreatifitas mereka semakin terasah.
v  Mengarahkan para peserta seminar hususnya para pelajar agar dapat memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan baik dan benar, ditengah maraknya penyalahgunaan teknologi seperti sekarang ini.

III.             TEMA KEGIATAN
“BELAJAR MEMBUAT GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID”
IV.              TARGET KEGIATAN

V.                 WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan Workshop Pendidikan dengan Judul  “ Mari Belajar Membuat Game Edukasi Untuk Android” Ini  akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal          : Sabtu, 5 Mei 2018
Tempat                  : SMK LENTERA KENDAL
VI.              SUSUNAN PANITIA
Terlampir  1
VII.           SUSUNAN ACARA
Terlampir  2
VIII.        ANGGARAN
Kegiatan Workshop pendidikan yang akan kami laksanakan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Adapun sumber dana kegiatan ini berasal dari iuran mahasiswa Semester VI STMIK Himsya semarang jurusan Teknik Informatika dan dari pihak donator/sponsor yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.
Adapun untuk Rincian anggaran biaya Terlampir 3
IX.              SPONSOR
Mengingat Banyaknya  biaya yang kami butuhkan untuk terlaksananya kegiatan seminar tersebut maka kami dari pihak mahasiswa STMIK Himsya Semarang Selaku Panitia Penyelenggara workshop membuka kesempatan kepada pihak-pihak yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai sponsor/donatur agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.
Adapun bentuk kerjasama yang kami tawarkan bisa berupa bantuan pendanaan berupa uang tunai, pengadaan backdrop MMT, Spanduk, Poster, pengadaan Snack dan keperluan pendukung lainya, untuk format backdrop MMT  dan Poster Terlampir.



X.                 PENUTUP
Demikian proposal kegiatan seminar ini kami buat, besar harapan kami agar bapak/ibu bersedia untuk ikut berpartisipasi pada acara tersebut. Atas bantuan, kerjasama serta dukunganya, Kami ucapkan Terima Kasih.









Semarang, 27 Maret 2018
Ketua Panitia


Muhamad In’am Muzakki
( NIM.2115R1064   )
Sekretaris


Muhamad Sakur
(NIM.2115R1068)




Mengetahui,
Rektor STMIK Himsya Semarang




Septia Lutfi, M.Kom
(           NIP:                 )



Lampiran 1

SUSUNAN PANITIA
“WORKSHOP PENDIDIKAN GAME ANDROID EDUCATION”
STMIK HIMSYA SEMARANG TAHUN 2018

Penanggung jawab : Septia Lutfi, M.Kom
Pembina                 : Sutedjo, S.Kom

Panitia pelaksana
Ketua                     : Muhamad In’am Muzakki
Wakil Ketua           : Ahmad Fajar Susilo
Sekretaris               : Muhamad Sakur
Bendahara             : Muhamad Imam Santoso
Seksi Perlengkapan            : Sendi Wijaya
                                Evan Putra Rosadi
Seksi Konsumsi     : Lutfi Aris Munandar
                                Santoso
Humas                   : Ardi Surya Brata
Dokumentasi         : Ahmad Fajar Susilo
                                Muhamad Sakur



Lampiran 2

SUSUNAN ACARA
WORKSHOP PENDIDIKAN “BELAJAR MEMBUAT GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID”
STMIK HIMSYA SEMARANG

Pukul 09.00-10.30             : Pembukaan
                                            Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
                                            Sambutan Ketua Pelaksana
                                            Sambutan Kepala Sekolah SMK LENTERA KENDAL
                                            Sambutan Ketua STMIK Himya Semarang sekaligus
                                            Pemberian motivasi terhadap para peserta seminar
Pukul 10.00-.11.00                        : Pemaparan Materi Seminar tentang Game Android Yang Akan
                                            Disampaikan oleh “(…………..)”
Pukul 11.00-11.30             : Tanya jawab seputar materi
Pukul 11.30-12.00             : pembagian dorprize sekaligus penutup



Lampiran 3
ANGGARAN BIAYA WORKSHOP PENDIDIKANSTMIK HIMSYA SEMARANG

1.      Pemasukan
a.       Iuaran Mahasiswa @300.000,- x 9                              Rp. 2.700.000,-
b.      Donatur                                                                       Rp.
c.       Sponsorship                                                                 Rp.

Jumlah                                                                        Rp. 2.700.000,-

2.      Pengeluaran
a.       Kesekretariatan
1.      Print out proposal dan surat                                               Rp.  600.000,-
2.      Penggandaan surat dan selebaran                           Rp.  450.000,-
3.      Kuitansi                                                                 Rp.    25.000,-
4.      Amplop @15.000,- x 3                                          Rp.    45.000,-
Jumlah                                                                  Rp.  1.120.000,-
b.      Seminar
1.      Motivator/pembicara @1.000.000,-           x3                    Rp. 3.000.000,-
2.      Sarana prasarana                                                    Rp.    700.000,-

Jumlah                                                                  Rp. 3.700.000,-

c.       Dekorasi dan perlengkapan
1.      MMT ukuran (3x1,5)@120.000+(1,6x0,6)@85.000
+(0,5x1.5)@50.000+(1,2x0,6)@60.000                Rp.    315.000,-
2.      Sewa sound system                                                            Rp.    650.000,-
3.      PPPk                                                                      Rp.    100.000,-

Jumlah                                                                  Rp.   1.065.000,-

d.      Konsumsi
1.      Snack                                                                     Rp. 2.500.000,-
2.      Air minum mineral @22.000x8                             Rp.    182.400,-
3.      Motivator (buah tangan )                                       Rp.    100.000,-

jumlah                                                                   Rp. 2.782.400,-

e.       Biaya lain – lain
1.      Doorprize                                                              Rp.    500.000
2.      Biaya tak terduga                                                   Rp.    500.000,-

Jumlah                                                                  Rp.   1.000.000,-        

                        JUMLAH TOTAL                                                     Rp. 9.667.400,-



Lampiran 4
PENAWARAN KERJASAMA ATAU SPONSORSHSIP
            Dalam rangka penyelenggaraan workshop pendidikan yang akan di selenggarakan oleh mahasiswa STMIK HIMSYA SEMARANG dan bekerjasama dengan SMK LENTERA KENDAL dan bertemakan “Membuat game educasion berbasis Anddroid” , maka dengan ini kami ingin mengajukan kerjasama pada kegiatan tersebut yang sifatnya tidak mengikat baik dengan sponsor perseorangan, institusional dan donator, adapun kerjasama yang ingin kami tawarkan salah satunya berupa :
1.      Sponsorship tunggal ( Platinum )
Merupakan sponsor yang membiayai 90% dari seluruh pembiayaan kegiatan, bentuk promosi yang di berikan berupa :
·         Pencantuman nama logo dan perusahaan pada media promo
·         Berhak mendirikan stand booth perusahaan pada saat acara di selenggarakan sebagai bentuk media promosi
·         Panitia tidak berhak mencari sponsor lain

2.      Sponsor Utama ( Gold )
Merupakan sponsor yang membiayai 70% dari seluruh pembiayaan kegiatan bentuk promosi berupa :
·         Pihak sponsor utama berhak menggunkan 70% dari media promo yang di sediakan berdasarkan kesepakatan dan persetujuan kedua belah pihak
·         Berhak mendirikan stand booth perusahaan pada saat acara di selenggarakan sebagai bentuk media promosi
·         Panitia berhak mencari sponsor lain

3.      Sponsor Utama 2 ( Silver )

Merupakan sponsor yang membiayai 50% dari seluruh pembiayaan kegiatan bentuk promosi yang kami berikan berupa ( missal hanya memiliki ruang media promo), panitia berhak mencari sponsor pendamping , pihak sponsor juga berhak mendirikan stand booth pada saat acara berlangsung.


4.      Sponsor pendamping
Merupakan sponsor yan membiayai 30% dari seluruh pembiayaan bentuk promosi berupa
·         Pihak sponsor pendamping berhak menggunakan 30% dari media promo yang disediakan berdasarkan kesepakatan dari kedua belah pihak
·         Panitia berhak mencari sponsor lain.

5.      Sponsor Pendukung
Merupakan sponsor yang membantu memberikan biaya kegiatan dibawah 30% dan berhak mencantumkan logo perusahaan pada media promo yang di berikan oleh panitia.







                                                                





close